Logo Bloomberg Technoz

Respons DPR Soal Gudang Senjata TNI Dekat Pemukiman

Mis Fransiska Dewi
01 April 2024 10:20

Sejumlah alutsista milik TNI terparkir di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (5/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Sejumlah alutsista milik TNI terparkir di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (5/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kebakaran Gudang Munisi Daerah (Gumurah) atau gudang senjata Kodam Jaya di Ciangsana, Bogor, Jawa Barat mendapat sorotan. Selain insiden, lokasi gudang di Jl Yon Armed tersebut berada dekat dengan pemukiman masyarakat.

Mantan perwira TNI dan anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Tubagus Hasanuddin atau TB Hasanuddin mengatakan, lokasi gudang munisi seharusnya jauh dari pemukiman warga. Bahkan, lokasinya juga harus jauh dari asrama atau tempat tinggal personil TNI di wilayah tersebut.

"Jauh dari pemukiman warga termasuk asrama militernya. Berapa jarak radius yang diizinkan tergantung kepada jenis munisi apakah itu kaliber ringan, sedang atau berat," kata TB Hasanuddin saat dihubungi, Senin (1/4/2024).

Selain jarak, gudang senjata TNI juga harus memenuhi dua syarat lainnya. 

Menurut dia, konstruksi gudang munisi harus memiliki kriteria khusus dan memiliki bunker pelindung. Gudang senjata, meski untuk kedaluwarsa, harus dilengkapi deteksi suhu di dalam gudang.