Logo Bloomberg Technoz

Apa yang Terjadi Bila Pasar Modal RI Buka Hari Ini?

Tim Riset Bloomberg Technoz
29 March 2024 11:30

Karyawan memfoto layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan memfoto layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasar keuangan Indonesia hari ini, Jumat (29/3/2024), libur karena peringatan Jumat Agung menyambut Hari Raya Paskah. Bursa modal baru aktif kembali hari Senin pekan depan dan dipastikan akan dinamis karena dua hari terakhir banyak data ekonomi penting yang dirilis terutama terkait perkembangan ekonomi Amerika Serikat (AS).

Tadi malam, AS melaporkan data revisi terbaru angka pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2023 yang lebih kuat ketimbang angka sebelumnya dan melampaui ekspektasi pasar juga. Amerika juga melaporkan pertumbuhan konsumsi pribadi yang angkanya juga lebih kuat dibanding prediksi para pelaku pasar.

Bukan cuma itu, indeks sentimen konsumen AS juga naik ke level tertinggi sejak pertengahan 2021, memperlihatkan perekonomian negeri dengan ukuran ekonomi terbesar di dunia itu kuat dan optimistis dan skenario soft landing lebih mungkin tercapai kendati pengetatan moneter telah digelar begitu agresif dalam dua tahun terakhir.

Tidak berhenti di sana, nanti malam pasar juga akan menantikan rilis data penting yang sangat menentukan prospek bunga The Fed, yaitu data inflasi PCE (Personal Consumption Expenditure) Februari yang diprediksi lebih kuat dibanding bulan sebelumnya, kecuali inflasi inti PCE bulanan yang diperkirakan lebih rendah di angka 0,3% dibanding Januari 0,4%.

Pasar AS juga akan tutup pada Jumat memperingati Good Friday dan tadi malam para pemodal terlihat mengambil sikap bullish terutama di pasar saham.