Logo Bloomberg Technoz

Jika proses perakitan baru ini berhasil, Tesla mengatakan bahwa hal ini dapat memangkas biaya produksi hingga setengahnya.

Pada ujungnya harga jual jadi lebih murah, hingga mendorong kembali tumbuhnya permintaan Tesla di segmen otomotif EV.

“Jika kita akan meningkatkan skala seperti yang ingin kita lakukan, kita harus memikirkan kembali produksi,” kata Lars Moravy, wakil presiden teknik kendaraan Tesla, dalam sebuah acara.

Pertimbangan lanjutan adalah bahwa investor belum mendengar banyak rincian tentang bagaimana Tesla telah berkembang sejak saat itu, bahkan ketika produsen mobil China telah memangkas biaya dan produsen mobil Detroit telah memfokuskan kembali upaya mereka pada model yang lebih murah.

Chief Executive Officer Elon Musk pada bulan Januari menyatakan tetap berpegang pada generalisasi, dan hanya mengatakan bahwa Tesla “sangat jauh” dalam membuat mobil yang lebih murah.

Produksi EV murah Tesla dijadwalkan akan mulai diproduksi pada akhir tahun depan. Meskipun ia menyebutkan “sistem manufaktur revolusioner” yang baru, dan menyebutnya “jauh lebih maju daripada sistem manufaktur otomotif mana pun di dunia, dengan selisih yang signifikan,” tidak menjelaskan lebih lanjut.

Elon Musk terkenal molor dari deadline. Beberapa orang di Wall Street meragukan bahwa ia dapat memenuhi target alias tertunda. Rencana mobil murah EV di bawah Rp400 juta pertama kali ia sampaikan pada tahun 2020.

Metode Tesla belum terbukti, dan mungkin memiliki inefisiensi dan risikonya sendiri. Analisis terbaru dari Bloomberg Intelligence memperkirakan bahwa proses produksi modular yang baru akan memangkas biaya sebesar 33% - bukan setengahnya. 

Tesla tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Dengan tidak adanya rincian, beberapa orang mengambil inisiatif untuk mencari tahu seberapa baik sistem ini dapat bekerja.

Mathew Vachaparampil, CEO Caresoft, sebuah perusahaan teknik dan pembanding otomotif, mengatakan bahwa para insinyur perusahaannya menghabiskan 200.000 jam untuk membuat replika digital dari platform Tesla yang belum dibuka. 

Mereka menemukan bahwa ambisi Musk secara teknis memungkinkan, dan Vachaparampil menyebut bahwa rencana baru Tesla akan menghasilkan “keuntungan finansial yang sangat besar” — itupun jika tercapai.

Warisan Ford

Sebagian besar produsen mobil di industri otomotif secara luas l masih menggunakan panduan yang diwariskan oleh Henry Ford tahun 1913 untuk membuat Model T.

Panel-panel frame yang ada disatukan lewat pengelasan, menjadi mobil berbentuk kotak persegi panjang. Pintu dipasang. Kendaraan kemudian masuk ke ruang pengecatan — dicelupkan ke dalam tong besar, atau disemprot dan dikeringkan dalam oven ukuran jumbo.

Pintu yang baru dicat kemudian dilepas. Mesin dan jalur kelistrikan kabel dimasukkan di ruang perakitan yang rumit. Selanjutnya bagian merangkai kursi dan bagian interior lainnya, lalu kaca depan dan jendela. Pintu-pintu dipasang kembali sebelum mencapai proses akhir.

Pabrik Tesla. (Dok: Bloomberg)

Proses tersebut, menurut para eksekutif Tesla, penuh dengan ketidakefisienan. Memindahkan “kotak” seukuran mobil melalui pabrik membutuhkan banyak ruang. Mengecat seluruh mesin, bukan hanya panel, juga menghabiskan daya energi dan waktu.

Belum lagi mengerjakan kerangka yang sangat besar berarti hanya beberapa orang yang dapat merakit bagian-bagiannya pada waktu tertentu.

Metode yang tengah dikembangkan jauh dari Ford. Tidak memerlukan kerangka mesin yang besar untuk bergerak melalui pabrik

 Sebaliknya, dengan membagi diri menjadi beberapa kelompok kecil, para pekerja mengerjakan berbagai komponen kendaraan secara bersamaan sebelum disatukan pada satu titik dalam perakitan akhir.

Potensi penghematan biaya sangat besar, menurut Vachaparampil. Caresoft melihat setidaknya 50% pengurangan investasi toko cat di pabrik baru saja.

Cat telah lama menjadi bagian yang paling mahal dari setiap pabrik otomotif: Panas tinggi yang dibutuhkan untuk cat otomotif sangat boros energi, dan ada persyaratan emisi yang ketat.

Hasil produksi dari bengkel cat sangat menentukan hasil total pabrik, menurut para ahli perakitan kendaraan.

Bodi mobil pada umumnya memiliki lebar 1,8 meter dan panjang 4,5 meter. Ketimbang mengirim seluruh bodi persegi panjang melalui bengkel cat, proses unboxed Tesla akan mengecat panel-panel sebelum dirangkai menjadi sebuah kendaraan.

Unboxed Belum Teruji

Metode unboxed memiliki banyak risiko, terutama karena metode ini belum teruji dan membutuhkan peralihan ke proses perakitan yang baru — imbasnya menyebabkan penundaan produksi. Tapi ini bukan pertama kalinya Tesla membuat perubahan signifikan untuk meningkatkan praktik manufaktur yang sudah lama dilakukan.

Dengan Model Y Tesla memperkenalkan konsep mesin die-casting, yang menekan untuk “gigacast” — atau membuat cetakan raksasa — bagian depan dan belakang kendaraan.

Hal ini menghilangkan kebutuhan akan ratusan komponen dan pengelasan.

Produsen mobil AS lainnya juga berupaya untuk menangkis ancaman kompetitif yang ditimbulkan oleh mobil-mobil China. Ford Motor Co, misalnya, sedang menjajaki mobil listrik kompak yang akan menggunakan baterai yang lebih murah.

“Kekhawatirannya adalah bahwa pasar otomotif kelas bawah saat ini tidak dilayani oleh kendaraan listrik, tetapi akan dilayani oleh China jika perusahaan-perusahaan AS tidak dapat memangkas biaya,” kata Susan Helper, seorang profesor ekonomi di Case Western University, yang baru-baru ini menjabat sebagai penasihat senior untuk strategi industri di White House Office of Management and Budget.

Perusahaan Musk memiliki keunggulan dibandingkan produsen mobil lama dalam beradaptasi dengan teknik-teknik manufaktur terkini — yang berpotensi lebih murah.

Pabrik-pabrik Tesla lebih baru daripada kebanyakan, dan beberapa bahkan belum selesai dibangun, sehingga bisa lebih mudah dan murah menyesuaikan fasilitasnya untuk dijalankan dengan metode produksi yang canggih.

Bukan berarti ini mudah. Perusahaan ini telah memperingatkan para investor bahwa mereka sedang berada di antara dua gelombang pertumbuhan besar, karena permintaan untuk Model 3 dan Y — yang keduanya sudah ada sejak lama — mencapai puncaknya.

Tesla telah mengirimkan 1,8 juta mobil tahun lalu, namun menargetkan untuk mengirimkan 20 juta mobil pada tahun 2030. Untuk mencapai hal itu, dibutuhkan mobil-mobil yang jauh lebih murah.

(bbn)

No more pages