Logo Bloomberg Technoz

PayPal Pimpin Investasi Seri C Qoala Rp472 Miliar

Redaksi
28 March 2024 19:00

Platform Asuransi Digital Qoala. (Dok: Perusahaan)
Platform Asuransi Digital Qoala. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PayPal berinvestasi di perusahaan startup digital asuransi Qoala asal Indonesia senilai US$47 juta atau sekitar Rp742 miliar (dengan asumsi kurs Rp15.800/US$) dalam putaran pendanaan Seri C.

Putaran pendanaan kepada perusahaan insurtech yang baru beroperasi lima tahun ini dipimpin oleh PayPal Venture bersama MassMutual Ventures. Investor lain yang ikut dalam paket seri C ini adalah Flourish Ventures, Eurazeo, dan AppWorks, serta MUFG Innovation Partners, Omidyar Network, dilansir dari Techcrunch, Kamis (28/3/2024).

Principal PayPal Ventures, Alexandros Bottenbruch, menjelaskan bahwa investasi baru mampu mendorong bisnis perusahaan lebih berkembang. Targetnya adalah terus melebarkan sayap hingga pasar Asia Tenggara.

“Sekaligus mengurangi kesenjangan atas pentingnya produk asuransi saat ini,” ujar Bottenbruch. Data asuransi di Indonesia baru mencapai 4%, salah satunya dipengaruhi oleh kesadaran pentingnya ikut asuransi, hingga rendahnya kepercayaan pada pengelola.

Insurance Development Institute juga memberi gambaran bahwa industri asuransi di Indonesia sangat terfragmentasi, dengan banyak pemain kecil, yang mengarah pada peningkatan persaingan dan margin keuntungan yang lebih rendah, sesuatu yang menimbulkan risiko bagi pertumbuhan dan penetrasi sektor ini.