Logo Bloomberg Technoz

Menimbang Untung Rugi Investasi di Saham Agensi K-Pop

News
28 March 2024 15:50

Hype Co, perusahaan hiburan asal Korea Selatan, sekaligus agensi boyband BTS (Bangtan Sonyeondan) dan NewJeans. (Dok: Bloomberg)
Hype Co, perusahaan hiburan asal Korea Selatan, sekaligus agensi boyband BTS (Bangtan Sonyeondan) dan NewJeans. (Dok: Bloomberg)

Claire Ballentine - Bloomberg News

Bloomberg, Berkat artis-artis yang sekarang terkenal di dunia seperti BTS dan BLACKPINK, industri K-Pop saat ini bernilai sekitar US$5 miliar, menurut analis, dan terus tumbuh seiring dengan semakin banyak orang di seluruh dunia yang mendengarkan. Itu mendorong naiknya saham agensi bintang K-Pop dan mengubah mogul seperti Bang Si-Hyuk dari Hybe Co menjadi miliarder.

Namun, industrinya sangat bergantung pada tindakan beberapa pemain kunci. Berita negatif tentang bintang-bintangnya dapat menghapus jutaan nilai pasar.

Pertimbangkan apa yang terjadi beberapa minggu lalu: Laporan muncul bahwa salah satu bintang pop Korea terbesar memiliki pacar, dan harga saham agensinya anjlok.

Berita tentang penyanyi Karina dari grup Aespa memicu kemarahan di antara para penggemarnya, bahkan beberapa di antaranya mengirim truk dengan papan iklan elektronik bertuliskan "Apakah kamu tidak cukup mendapatkan cinta dari penggemarmu?" ke agensinya SM Entertainment Co. Sahamnya turun 11% di Korea Selatan, dan Karina, yang bernama asli Yu Ji-min, mengeluarkan permintaan maaf.