Logo Bloomberg Technoz

Serikat Pekerja Baltimore Khawatir Kehilangan 2.400 Pekerjaan

News
28 March 2024 07:45

Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Josh Eidelson - Bloomberg News

Bloomberg, Runtuhnya jembatan Baltimore akan menyebabkan ribuan orang kehilangan pekerjaan dan belum ada rencana yang pasti tentang bagaimana membantu mereka, kata presiden lokal Asosiasi Buruh Bongkar Muat Internasional (ILA).

"Saya memiliki 2.400 anggota ILA yang akan segera kehilangan pekerjaan," kata Scott Cowan, presiden serikat buruh lokal Baltimore, dalam sebuah wawancara Rabu. "Membuat mereka tetap mendapatkan gaji, dan menjaga agar keluarga mereka tetap makan, menyediakan makanan di atas meja adalah hal yang pertama dan utama yang ada di pikiran saya."

Pelabuhan Baltimore ditutup setelah kapal kontainer Dali menabrak Jembatan Francis Scott Key pada Selasa, menyebabkannya runtuh ke dalam air. Enam orang diperkirakan tewas. Pelabuhan, yang menangani segala sesuatu mulai dari kayu hingga mobil, diperkirakan akan tetap ditutup hingga saluran air dapat dibersihkan--sebuah proses yang menurut seorang eksekutif rantai pasokan bisa memakan waktu hingga Mei.


Para pekerja dermaga dipekerjakan setiap hari berdasarkan apa yang dibutuhkan, tanpa jaminan pembayaran jika pelabuhan ditutup, kata Cowan. Akibatnya, anggota serikat pekerja bertanya-tanya "apa yang akan mereka lakukan untuk mendapatkan bayaran," katanya.