Logo Bloomberg Technoz

Daftar 14 PSN Baru Disetujui Jokowi: Ada Proyek BSD hingga PIK

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 March 2024 16:08

Proyek Infrastruktur. (Dok: Bloomberg)
Proyek Infrastruktur. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo menambah daftar 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru periode November 2023 - Februari 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), melaporkan 14 usulan PSN baru itu mempertimbangkan sejumlah faktor. Beberapa faktor di antaranya adalah terkait kesiapan proyek, pembiayaan dari swasta atau tanpa dukungan APBN, mendukung pemerataan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan mendapat dukungan Kementerian sektor.

Dalam hal ini, pemerintah juga menargetkan pembangunan 41 PSN selesai pada 2024.Selain usulan PSN Baru, terdapat pula 2 usulan penyesuaian nomenklatur dan penambahan lingkup program pada daftar PSN.

“Kemudian terdapat 41 PSN yang akan selesai di 2024, untuk periode Januari-Maret 5 projek, April-September 24 projek selesai, dan Oktober-Desember ada 12 projek,” terang Menko Airlangga di kawasan Istana Kepresidenan dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (21/3/2024).

Berikut daftar 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi):

1. Pantai Indah Kapuk Tropical Concept