Logo Bloomberg Technoz

The Fed & 5 Bank Sentral Genjot Pasokan Dolar Demi Stabilitas

News
20 March 2023 09:37

Gedung The Federal Reserve/The Fed (Sumber: Bloomberg)
Gedung The Federal Reserve/The Fed (Sumber: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral AS The Federal Reserve dan lima bank sentral dunia lainnya bersepakat akan meningkatkan likuiditas dalam rangka pertukaran mata uang dolar (US dollar swap arrangements). Ini merupakan upaya untuk meredakan tekanan yang sedang terjadi di sistem keuangan global.

Bank-bank sentral yang terlibat secara langsung dalam pertukaran dolar AS dan akan meningkatkan frekuensi operasi untuk swap yang jatuh tempo 7 hari, dari mingguan menjadi harian. Langkah ini disampaikan The Fed dalam sebuah pernyataan bersama-sama dengan bank sentral Kanada, Inggris, Jepang, Eropa, dan Swiss.

Bank sentral AS biasanya menyediakan akses ke pengaturan semacam itu pada saat ada tekanan pada ketersediaan dolar. Bank di luar AS biasanya memiliki kewajiban yang didenominasi dalam dolar, dan pada saat kesulitan keuangan merekamemiliki akses yang lebih sedikit ke pendanaan dolar.

Suntikan likuiditas “sangat dibutuhkan” terutama untuk bank sentral Swiss dan Eropa saat ini, kata Alicia Garcia Herrero, kepala ekonom Asia-Pasifik di Natixis SA.