Logo Bloomberg Technoz

Hari ini, MK Mulai Sidang PHPU Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Muhammad Fikri
27 March 2024 04:00

Mahkamah Konstitusi. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Mahkamah Konstitusi. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden atau PHPU Presiden, hari ini. Agenda sidang ini adalah pembukaan dari rangkaian sidang sengketa Pilpres 2024 yang diprediksi berakhir pada 22 April mendatang.

Berdasarkan laman resmi MK, ada dua gugatan PHPU Pilpres 2024 yang masing-masing diajukan pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang teregistrasi dengan nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024. Sedangkan perkara dari paslon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD bernomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024.

MK menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan dua perkara tersebut terbagi dua sesi. Gugatan Anies-Muhaimin kepada Komisi Pemilihan Umum akan digelar pada pukul 08.00 WIB. Sedangkan perkara dari Ganjar-Mahfud pada pukul 13.00 WIB.

"Masing-masing pemohon akan diberikan kuota 12 kursi, ditambah dua kursi apabila calon presiden dan wakil presiden (prinsipal pemohon) hadir di persidangan," kata juru bicara MK, Fajar Laksono dikutip, Rabu (27/3/2024).

Selain pengaju gugatan; MK juga menyediakan 12 kursi kepada KPU yang menjadi pihak tergugat. Serta, Paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menjadi pihak terkait juga mendapat jatah 12 kursi.

Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)