Logo Bloomberg Technoz

Sugar Co: 2 Juta Ha Lahan Tebu Merauke Digarap 50% di Tahap Awal

Dovana Hasiana
29 April 2024 15:30

Petani sedang menyusun tebu di distrik Jalana, Maharashtra, India. Dhiraj Singh/Bloomberg
Petani sedang menyusun tebu di distrik Jalana, Maharashtra, India. Dhiraj Singh/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Sinergi Gula Nusantara (PT SGN) atau Sugar Co mengatakan penanaman pada lahan tebu baru seluas 2 juta hektare (ha) di Merauke, Papua Selatan hanya bakal dilaksanakan maksimal sebesar 50% pada tahap awal.

Presiden Direktur Sugar Co Aris Toharisman mengatakan hal tersebut sesuai dengan studi kelayakan (feasibility study) dari proyek yang menjadi bagian penugasan dari Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 15/2024.

Selain itu, Sugar Co memastikan perseroan tidak akan menjadi satu-satunya pengelola lahan tebu seluas 2 juta ha tersebut, melainkan akan turut melibatkan peran korporasi swasta. 

“Lahan yang dikelola bertahap. Dari 2 juta ha tersebut tidak semuanya ditanami tebu. Mungkin maksimal 50% sesuai feasibility study. Juga bukan hanya Sugar Co yang akan tanam tebu, tetapi juga swasta,” ujar Aris kepada Bloomberg Technoz, Senin (29/4/2024). 

Tumpukan tebu./Bloomberg- Carla Gottgens


Adapun, perseroan hingga saat ini belum mendapatkan mitra atau investor yang bakal digandeng untuk mengelola lahan tebu tersebut.