Logo Bloomberg Technoz

AS Izinkan Resolusi Gencatan, Israel Batal Kunjungi Washington DC

News
26 March 2024 12:10

Warga Palestina memeriksa sisa rumah mereka yang hancur akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina memeriksa sisa rumah mereka yang hancur akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Augusta Saraiva dan Ethan Bronner - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Israel membatalkan lawatan pejabat seniornya ke Amerika Serikat (AS) setelah pemerintahan Biden memutuskan untuk tidak memveto resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza, sebuah keputusan yang mencerminkan pergeseran pendekatan Washington.

14 dari 15 anggota Dewan Keamanan memberikan suara mendukung resolusi tersebut, yang diusulkan secara bersama-sama pada Senin oleh 10 anggota dewan terpilih. Amerika Serikat (AS) abstain, dengan alasan bahwa resolusi tersebut tidak secara eksplisit mengutuk Hamas atas serangannya terhadap Israel pada 7 Oktober.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menuntut veto AS terhadap resolusi tersebut, dan mengatakan akan "menangguhkan" kunjungan dua pembantu utamanya ke Washington sebagai tanggapan.

Resolusi Senin menandai pertama kalinya Dewan Keamanan PBB secara terbuka mendukung gencatan senjata sejak Israel memulai kampanyenya untuk menghabisi Hamas setelah serangan kelompok militan tersebut, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa.