Logo Bloomberg Technoz

CEO Boeing Mengundurkan Diri di Tengah Krisis Keselamatan

News
26 March 2024 08:10

CEO Boeing Co Dave Calhoun di Washington, DC, pada 24 Januari 2023. (Fotografer: Samuel Corum/Bloomberg)
CEO Boeing Co Dave Calhoun di Washington, DC, pada 24 Januari 2023. (Fotografer: Samuel Corum/Bloomberg)

Julie Johnsson dan Siddharth Philip - Bloomberg News

Bloomberg, Chief Executive Officer (CEO) Boeing Co Dave Calhoun mengundurkan diri pada akhir tahun ini, bagian dari perombakan kepemimpinan besar-besaran karena pembuat pesawat itu berjuang untuk mengatasi krisis keselamatan yang terus meningkat.

Chairman Larry Kellner tidak akan mencalonkan diri untuk dipilih kembali, Boeing mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin. Stan Deal, kepala divisi pesawat komersial Boeing yang sedang diperangi, juga akan segera mengundurkan diri dan akan digantikan oleh Chief Operating Officer Stephanie Pope.

Perombakan ini mencerminkan meningkatnya rasa frustrasi pelanggan karena krisis yang berpusat pada kualitas dan keamanan manufaktur pembuat pesawat tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Kellner, Calhoun, dan Deal menandai kepergian dengan profil tertinggi sejak insiden nyaris bencana pada Januari yang melibatkan pesawat jet 737 Max yang menjerumuskan Boeing ke dalam kekacauan yang semakin dalam.

Calhoun dan Deal menghadapi kritik yang semakin meningkat dari para pelanggan yang tidak puas setelah insiden Alaska Airlines mengungkap penyimpangan dalam kontrol manufaktur Boeing, dan tekanan telah meningkat pada para direktur untuk merombak manajemen senior Boeing.