Logo Bloomberg Technoz

RI Jajal Gerbang Tol Nontunai Tanpa Sentuh Perdana pada Juni

Krizia Putri Kinanti
20 March 2023 18:09

Jalan Tol Bali Mandara (Dok. Kementerian PUPR)
Jalan Tol Bali Mandara (Dok. Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menguji coba penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) pada Juni 2023 di Jalan Tol Bali Mandara.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, bersama dengan rencana uji coba sistem MLFF pada Juni 2023 telah disiapkan dengan baik untuk mendukung penerapan sistem transaksi tol nirsentuh. 

"Karena akan mulai uji coba pada Juni, kami tidak ingin memberikan gambaran sistem yang tidak sempurna bagi para pengguna. Untuk itu, kepada PT Roatex sebaiknya segera mengambil langkah yang cepat untuk memastikan aplikasi ini sudah disimulasikan dan dapat diuji coba dengan cara yang baik," katanya usai acara Seminar Pemanfaatan Kehandalan Data Elektronik Kepemilikan Kendaraan Dalam Penegakan Hukum pada Pelaksanaan MLFF, Senin (20/3/2023). 

Dia berharap penggunaan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau MLFF dalam transaksi tol akan menghilangkan antrean kendaraan seperti yang masih ditemukan dalam sistem transaksi e-toll saat ini.

"Kami optimistis melalui forum ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya penerapan sistem transaksi tol MLFF, menyediakan informasi yang komprehensif kepada publik terkait sistem transaksi tol yang secara bertahap akan berpindah dari transaksi nontunai e-toll ke sistem transaksi yang lebih efektif, efisien, dan transparan," ujarnya