Logo Bloomberg Technoz

5 Pembuat Pesawat Jet Terbesar Dunia, Tak Hanya Boeing dan Airbus

Wike Dita Herlinda
25 March 2024 10:10

Dash 8-400AT menjalani modifikasi di hanggar Conair di Bandara Abbotsford di Abbotsford, British Columbia, Kanada./Bloomberg-James MacDonald
Dash 8-400AT menjalani modifikasi di hanggar Conair di Bandara Abbotsford di Abbotsford, British Columbia, Kanada./Bloomberg-James MacDonald

Bloomberg Technoz, Jakarta - Persaingan antarpabrikan pesawat terbang di dunia relatif dikuasai oleh dua jenama besar, yaitu The Boeing Company dan Airbus SE yang sebelumnya dikenal sebagai European Aeronautic Defense and Space Company (EADS).

Kompetisi tersebut terbilang cukup terbatas, jika disandingkan dengan besarnya total nilai pasar industri penerbangan global yang mencapai US$400 miliar (sekitar Rp6,32 kuadriliun asumsi kurs saat ini) pada 2023.

Pada 2029, menurut Investopedia, nilai pasar industri kedirgantaraan dunia ditaksir naik sekitar US$500 miliar termasuk dari industri pabrikan pesawat terbang dan komponennya, yang mencakup mesin dan sistem produksi.

Pesawat Embraer E-195-E2 Profit Hunter di Paris Air Show./Bloomberg-Benjamin Girette

Sampai dengan saat ini, Airbus masih terdata sebagai pembuat pesawat komersial nomor wahid dari sisi pengiriman unit pesawat. 

Adapun, Boeing mengekor di posisi kedua menyusul krisis yang menerpa perusahaan yang bermula dari isu cacat produksi pada keluarga 737-MAX.