Logo Bloomberg Technoz

Atishi, seorang menteri dalam kabinet Kejriwal yang hanya menggunakan satu nama, mengatakan partai akan meminta persidangan di Mahkamah Agung untuk membatalkan penangkapan itu.

ED telah menyelidiki Kejriwal atas tuduhan bahwa pemerintahannya mencurangi harga alkohol di negara bagian tersebut sebagai imbalan suap. Badan anti-korupsi federal lainnya, termasuk Biro Investigasi Pusat, juga sedang menyelidiki kebijakan alkohol tersebut. Diperkenalkan pada tahun 2021, kebijakan tersebut ditarik dalam beberapa bulan setelah muncul tuduhan penyimpangan.

Kejriwal dan partainya telah membantah tuduhan tersebut, mengatakan penyelidikan itu ilegal dan bermotif politik. AAP telah mengantisipasi penangkapan Kejriwal sejak ED berusaha menanyainya tentang skandal suap pada November.

Sejak AAP menguasai Delhi pada 2013, beberapa pemimpinnya telah menjadi target razia, penangkapan, dan penyelidikan oleh otoritas India. Kejriwal adalah pemimpin negara bagian Delhi yang ketiga yang ditangkap dalam skandal harga minuman alkohol itu. ED menangkap deputinya, Manish Sisodia, pada Februari tahun lalu, sementara legislator AAP lainnya, Sanjay Singh, dipenjara pada Oktober.

Seorang insinyur mekanik terlatih, Kejriwal bergabung dengan dinas sipil pada 1995 dan bekerja sebagai pemungut pajak untuk pemerintah. Dia kemudian menjadi aktivis, membantu orang-orang dengan keluhan mereka terhadap pasokan air dan listrik yang buruk di Delhi serta korupsi dalam pemerintahan.

AAP juga mengendalikan negara bagian barat laut Punjab di mana mereka memenangkan pemilihan negara bagian pada tahun 2022, mengalahkan BJP dan Kongres Nasional India sebagai oposisi utama.

(bbn)

No more pages