Logo Bloomberg Technoz

"Itu pertanda bahwa PBOC bersedia untuk membiarkan yuan sedikit melemah karena dolar baru-baru ini mendapatkan sedikit bias bullish."

Grafik pelemahan Yuan. (Sumber: Bloomberg)

Meskipun PBOC telah menggunakan penetapan tersebut untuk menjaga stabilitas yuan sejak tahun lalu, tekanan meningkat akhir-akhir ini di tengah rebound dolar secara luas dan pelemahan mata uang Asia lainnya. PBOC menghadapi tugas sulit untuk mencoba menstimulasi ekonomi China yang rapuh dengan pelonggaran moneter sambil menjaga yuan relatif stabil dan mencegah arus keluar modal.

Yang menambah sentimen bearish adalah RUU AS - yang masih menghadapi rintangan besar untuk menjadi undang-undang - yang menyatakan bahwa reksa dana tidak akan dapat berinvestasi di beberapa produk yang melacak indeks saham China. Indeks saham utama China masing-masing turun lebih dari 1%.

Namun, depresiasi tajam mata uang China meningkatkan risiko tekanan balik dari PBOC, seperti penjualan dolar oleh bank pemerintah atau intervensi verbal. Bank sentral juga bisa memperketat likuiditas di pasar offshore untuk membuat taruhan terhadap yuan menjadi lebih mahal.

"Bagaimanapun, kami memperkirakan PBOC akan memandu untuk melepaskan depresiasi secara bertahap, karena depresiasi yuan yang sekali dan tajam tidak menguntungkan bagi pemulihan pertumbuhan China dan stabilitas pasar keuangan," kata Ken Cheung, Kepala Ahli Strategi FX Asia di Mizuho Bank Ltd.

(bbn)

No more pages