Logo Bloomberg Technoz

TPN Ganjar-Mahfud juga menyampaikan bahwa  perlu ada penyelidikan apakah ada intervensi kekuasaan, politisasi bansos, dan kriminalisasi terhadap kepala desa hingga kepala  daerah. Termasuk apakah terdapat pengerahan terhadap pemilih untuk memilih paslon tertentu. 

"Inilah yang membuat saya cemas dan khawatir kalau masalah semacam ini tidak dipersoalkan," ujar Todung, yang kembali tidak habis pikir bahwa capresnya kalah di Bali, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, dan NTT.

"Unbelievable," tegas dia dalam pernyataan tertulis, Kamis (21/3/2024).

Pengajuan gugatan hasil Pemilu ke MK dilakukan TPN Ganjar-Mahfud MD usai KPU menetapkan pasangan capres-cawapes 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memenangkan kontestasi Pilpres 2024 pada Rabu malam.

Prabowo, yang mengganti citranya menjadi bapak-bapak menggemaskan di TikTok, pada pidatonya menyatakan, hasil resmi KPU merupakan mandat rakyat.

Prabowo mendukung penuh proses pemilu beserta tahapannya yang telah berlangsung selama ini. Prabowo kemudian meminta kepada seluruh masyarakat kini kembali bersatu, menatap ke depan, dan saling bergandengan tangan.

“Kita telah dipilih oleh rakyat. Mandat rakyat ada di tangan kami. Kami ada untuk seluruh rakyat Indonesia,” ujar Prabowo dalam pidato kemenangannya di Pilpres 2024, Rabu di rumahnya di Kertanegara. 

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari sebelumnya membacakan ketetapan final, dengan menyatakan pasangan Prabowo-Gibran mengantongi 96.214.691 suara atau setara 58,6% dari total suara sah nasional yaitu 164.227.472 suara.

Untuk jumlah suara pasangan Anies-Muhaimin mendapatkan 40.971.906 atau setara 24,9% suara sah. Paslon 03, Ganjar-Mahfud MD berada pada posisi terbawah dengan hanya mendapat 27.040.878 atau setara 16,5% suara sah nasional.

(wep/ain)

No more pages