Logo Bloomberg Technoz

Selama beberapa tahun, Truong My Lan mengadakan pertemuan di lantai 39 menara Times Square di jantung pusat komersial Vietnam, Ho Chi Minh City. 

Menurut laporan polisi yang menjadi dasar kasus pengadilan terhadap Truong, di gedung tersebut, melalui sebuah ruangan yang berfungsi sebagai pusat komandonya, dia diduga merancang penipuan dan korupsi senilai US$12 miliar.

Pihak berwenang menuduh ada perusahaan 'hantu', pembayaran kepada pejabat pemerintah, dan bank yang dia kendalikan secara ilegal yang memberikan pinjaman kepada dirinya dan koleganya senilai sekitar 11% dari PDB Vietnam pada tahun 2022. 

Ketua Van Thinh Phat Group, atau VPT, Truong My Lan tiba di Pengadilan Rakyat Kota Ho Chi Minh di Vietnam, Selasa (5/4/2024). (Maika Elan/Bloomberg)

Sopir pribadinya diam-diam mengantar uang tunai jutaan dolar melintasi jalan-jalan kota yang kacau, kata polisi. Dua puluh empat inspektur pemerintah – yang tugasnya bertanggung jawab untuk memastikan kesehatan dan keselamatan sistem perbankan – diduga telah mengambil uang Lan untuk menutupi pelanggaran.

Menurut laporan media lokal, sidang, yang dimulai di Pengadilan Rakyat Kota Ho Chi Minh pada 5 Maret, bisa berlangsung setidaknya selama dua bulan.

Pada persidangan Selasa (19/03/2024), dilaporkan VnExpress, pihak penuntut berpendapat bahwa Lan menggunakan metode canggih dan melibatkan banyak orang dalam skema yang menyebabkan kerusakan serius dan tidak dapat diperbaiki pada bank.

Pihak-pihak yang Terlibat

Jaksa juga mengusulkan hukuman penjara seumur hidup untuk: Do Thi Nhan, mantan pejabat Bank Negara, mantan ketua SCB Dinh Van Thanh dan Bui Anh Dung serta Vo Tan Hoang Van, mantan CEO bank tersebut.

Suami Lan, pengusaha Hong Kong Eric Chu, menghadapi kemungkinan hukuman 12 tahun penjara.

Perwakilan Lan dan terdakwa lainnya tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

(bbn)

No more pages