Logo Bloomberg Technoz

AS Peringatkan Ada Hacker Serang Sistem Pengelolaan Air

News
20 March 2024 08:05

Ilustrasi sistem jaringan air bersih
Ilustrasi sistem jaringan air bersih

Ari Natter — Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintahan Amerika Serikat memperingatkan negara-negara bagian untuk waspada terhadap serangan siber atas sistem air, dengan mengutip ancaman yang sedang berlangsung dari para peretas yang terkait dengan pemerintah Iran dan China.

“Serangan siber yang melumpuhkan sedang menyerang sistem air dan air limbah di seluruh Amerika Serikat," tulis Administrator Badan Perlindungan Lingkungan Michael Regan (EPA) dan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dalam sebuah surat kepada para gubernur yang diumumkan pada hari Selasa. 

“Serangan-serangan ini berpotensi mengganggu jalur kritis air minum yang bersih dan aman, serta menimbulkan biaya yang signifikan bagi masyarakat yang terkena dampak.”

Peretas yang berafiliasi dengan Korps Garda Revolusi Islam Pemerintah Iran (Iranian Government Islamic Revolutionary Guard Corps) telah menyerang sistem air minum. Kemudian, kelompok yang disponsori People’s Republic of China (PRC), Volt Typhoon, telah mengganggu teknologi informasi air minum dan sistem infrastruktur penting lainnya, demikian peringatan dalam surat tersebut.