Logo Bloomberg Technoz

“Kami belajar dari krisis keuangan global pada tahun 2008 ketika ini terlalu lama untuk disiapkan. The Fed jauh lebih cepat pada Maret 2020 dan kali ini.”

Langkah tersebut dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan yang dimulai dengan jatuhnya tiga bank AS seminggu yang lalu. Minggu (19/03/2023) pagi, UBS Group AG setuju untuk membeli Credit Suisse Group AG dalam kesepakatan yang ditengahi pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi krisis kepercayaan yang mengancam menyebar ke seluruh pasar keuangan global.

Bank-bank sentral tersebut menmyatakan dukungan likuiditas penting untuk mengurangi ketegangan di pasar pendanaan global dan mengurangi dampak pada rumah tangga dan bisnis.

The Fed mengatakan operasi harian akan dimulai pada Senin, 20 Maret dan akan berlanjut setidaknya hingga akhir April.

Dalam pernyataan bersama Minggu pagi, The Fed dan Departemen Keuangan AS serta dengan bank sentral lain menyambut baik penyelamatan Credit Suisse. Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan Ketua Fed Jerome Powell menekankan bahwa permodalan dan likuiditas bank-bank AS kuat.

Pekan lalu, bank-bank di AS bergegas meminjam uang tunai dari The Fed karena berusaha untuk menopang likuiditas di tengah kekhawatiran larinya simpanan.

Mereka meminjam total sekitar US$ 165 miliar di bawah dua fasilitas dukungan likuiditas.

--Dengan asistensi Michelle Jamrisko dan Malcolm Scott.

(bbn)

No more pages