Logo Bloomberg Technoz

UBS Group AG telah setuju untuk membeli Credit Suisse Group AG dalam kesepakatan yang ditengahi pemerintah. Kesepakatan ini bertujuan untuk mengatasi krisis kepercayaan terancam akan menyebar ke seluruh pasar keuangan global.

Sementara berita pengambilalihan UBS membawa sedikit kelegaan, masih ada kecemasan yang cukup besar di Wall Street pekan ini. Gejolak di Credit Suisse dan jatuhnya tiga bank regional AS telah mencuatkan kekhawatiran tentang kesehatan industri perbankan dan menghidupkan kembali ingatan akan krisis keuangan tahun 2008.

ECB, BOE

Bank Sentral Eropa menyambut baik "tindakan cepat" yang diambil oleh otoritas Swiss. Keputusan yang diambil "sangat penting untuk memulihkan kondisi pasar yang tertib dan memastikan stabilitas keuangan," kata Presiden ECB Christine Lagarde dalam sebuah pernyataan.

“Sektor perbankan kawasan kami tangguh, dengan posisi modal dan likuiditas yang kuat,” katanya, seraya menambahkan bahwa perangkat kebijakan ECB “dilengkapi sepenuhnya untuk memberikan dukungan likuiditas ke sistem keuangan kawasan jika diperlukan dan untuk menjaga kelancaran transmisi kebijakan moneter."

Di Inggris, Bank of England pun menyambut baik “serangkaian tindakan komprehensif yang ditetapkan oleh otoritas Swiss hari ini untuk mendukung stabilitas keuangan,” ujar mereka, seraya menegaskan kembali bahwa “sistem perbankan Inggris dikapitalisasi dan didanai dengan baik.”

--Dengan asistensi Christopher Condon dan Tom Metcalf.

(bbn)

No more pages