Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Tetapkan Formula Baru Harga Batu Bara Acuan

Rezha Hadyan
19 March 2023 13:03

Ilustrasi Batu Bara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Batu Bara (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan keputusan final terkait formula baru harga batu bara acuan (HBA) di Indonesia.

Perubahan HBA tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 41.K/MB.01/MEM.B/2023 tentang Pedoman Penetapan Harga Patokan Untuk Penjualan Komoditas Batu Bara.

Sebelum adanya beleid baru ini, formula penetapan HBA diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal/kg GAR, total moisture 8%, total sulphur 0,8%, dan ash 15%.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan, formula penetapan HBA yang baru ini bertujuan untuk mendapatkan harga batu bara acuan yang dapat diterima oleh pasar dengan mempertimbangkan penerimaan negara.

"Pertimbangan ini jadi dasar diperlukannya menerbitkan peraturan terkait harga berdasarkan mekanisme pasar," ujar Agung melalui keterangan tertulis, dikutip Minggu (19/3/2023).