Logo Bloomberg Technoz

Ma’ruf Amin Minta Pembinaan Turis Asing Agar Tak Berulah

Rezha Hadyan
19 March 2023 09:53

Wakil Presiden Maruf Amin ( Dok Sekretariat Kabinet )
Wakil Presiden Maruf Amin ( Dok Sekretariat Kabinet )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin angkat bicara terkait dengan maraknya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh wisatawan asing, khususnya di Bali. Menurutnya, dibutuhkan pembinaan saat mereka tiba di Tanah Air agar tak melanggar hukum.

Seperti diketahui, belakangan ini wisatawan asing yang sebagian besar berasal dari Rusia dan Ukraina kerap melakukan pelanggaran hukum di Indonesia. Pelanggaran yang dilakukan mulai dari pelanggaran lalu lintas, penggunaan izin tinggal yang sudah kedaluwarsa, hingga bekerja secara ilegal. 

"Itu merugikan, tapi tentu tidak boleh seenaknya. Saya kira itu perlu ada penegasan. Gubernur sudah bikin laporan dan akan ditindaklanjuti itu seperti apa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/02/2023).

"Tentunya harus ada semacam pengawasan juga di sana [di daerah-daerah yang didatangi oleh wisatawan] dan pembinaan terhadap para wisatawan itu. Sebelum dia masuk, harus sudah diberi tahu dahulu bahwa dia tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang."

Ma'ruf Amin tak merinci bagaimana bentuk pembinaan yang akan diberikan kepada wisatawan asing saat mereka memasuki Indonesia.