Logo Bloomberg Technoz

Sektor Pariwisata Tahun Ini Diproyeksi Cemerlang

Tara Marchelin
01 February 2023 20:44

Turis menikmati Pantai Kuta, Bali dengan berselancar. (Dok Nyimas Laula/Bloomberg)
Turis menikmati Pantai Kuta, Bali dengan berselancar. (Dok Nyimas Laula/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kartika Wiroatmodjo, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), memproyeksikan bahwa 2023 ini akan menjadi tahun yang baik bagi pariwisata Indonesia. Kartika mengungkapkan sepanjang tahun lalu, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan turis tertinggi di Asia Tenggara. 

“Di 2022, Indonesia dan Singapura menjadi 2 negara tertinggi di Asia Tenggara yang growth tourist-nya tertinggi yaitu mencapai 33% dari level 2019. Ini merupakan kombinasi dari pembangunan ekosistem pariwisata dan kebijakan covid yang optimum karena kita tidak melakukan lockdown,” kata Kartika, Selasa (1/2/2023). Vaksin dan aplikasi PeduliLindungi juga menjadi faktor pendukung sehingga turis dapat berwisata ke Indonesia dengan lancar selama pandemi. 

Menurut Kartiko, peningkatan turis di Indonesia juga didorong oleh layanan penerbangan yang pada saat yang bersamaan juga memasuki tahap pemulihan. Ia mengatakan, berdasarkan Global Aviation Recovery, pemulihan penerbangan Indonesia telah mencapai 67% dibandingkan level sebelum pandemi. Realisasi traffic penerbangan Bandara Ngurah Rai mencapai 81% dan Soekarno-Hatta tercatat 80%. 

“Sejauh ini kami sangat optimis di 2023 pariwisata akan memiliki pertumbuhan yang kuat. Ini sudah mulai terlihat sejak awal Januari, slot maskapai internasional ke Jakarta dan Bali hampir penuh. Jadi, tahun ini akan sangat baik untuk pariwisata Indonesia,” ujarnya. 

Kartiko mengatakan, sejak 2019, Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan sejumlah inisiatif bersama untuk meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia. Inisiatif berfokus pada pertumbuhan jumlah turis global, melalui berbagai pembangunan infrastruktur dan ekosistem pariwisata.