Logo Bloomberg Technoz

Houthi Tingkatkan Serangan, Kapal Dihantam Rudal di Laut Merah

News
15 March 2024 17:30

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Kateryna Kadabashy dan Mohammed Hatem - Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah kapal komersial dihantam sebuah rudal di Laut Merah bagian selatan, menurut Angkatan Laut Inggris, dalam sebuah serangan lain yang dicurigai dilakukan oleh kelompok militan Houthi yang berbasis di Yaman.

Kapal tersebut mengatakan "mengalami beberapa kerusakan," kata UK Maritime Trade Operations, sebuah bagian dari angkatan laut yang menyediakan informasi keamanan maritim, mengatakan pada X. "Para kru dilaporkan selamat dan kapal tersebut melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikutnya."

Serangan tersebut terjadi sekitar pukul 4 pagi waktu setempat pada Jumat dan berjarak 76 mil laut (141 kilometer) dari pelabuhan Hodeidah yang dikuasai Houthi. UKMTO tidak menyebutkan nama kapal tersebut atau memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapal tersebut.

Houthi (Dok: Bloomberg)

Ini adalah insiden kedua dalam kurun waktu beberapa jam setelah Houthi yang didukung Iran bersumpah untuk memperluas kampanye serangan mereka terhadap kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden. Sebelumnya, UKMTO mengatakan bahwa kapal lain melaporkan dua roket terbang di atasnya.