Logo Bloomberg Technoz

AS Diam-diam Minta Iran Bantu Stop Serangan Houthi di Laut Merah

Redaksi
14 March 2024 17:40

Pengikut Houthi ambil bagian dalam parade melawan serangan AS. Foto: Bloomberg Mercury
Pengikut Houthi ambil bagian dalam parade melawan serangan AS. Foto: Bloomberg Mercury

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para diplomat senior Amerika Serikat (AS) dan Iran bertemu secara diam-diam di Oman pada awal tahun ini ketika Washington mencoba mencari bantuan Teheran untuk menghentikan serangan Houthi di Laut Merah, menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada Rabu.

Pejabat tinggi Timur Tengah di Gedung Putih dan utusan Departemen Luar Negeri AS untuk Iran dilaporkan memimpin delegasi AS yang bertemu dengan tim Iran, yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Iran Ali Bagheri Kani.

Melansir Al Arabiya, Kamis (14/3/2024), menurut Financial Times, yang mengutip para pejabat AS dan Iran yang tidak disebutkan namanya, pembicaraan tersebut bersifat tidak langsung, dengan para pejabat Oman yang menyampaikan pesan-pesan di antara kedua kubu.

Selama pembicaraan tidak langsung tersebut, para pejabat Amerika juga membunyikan peringatan atas program nuklir Iran yang semakin meluas.

Putaran pertama pembicaraan ini diadakan pada Januari, dan putaran kedua dijadwalkan pada Februari. Namun, pembicaraan tersebut tidak pernah terwujud karena pejabat Gedung Putih, Brett McGurk, sibuk dengan upaya untuk menengahi kesepakatan gencatan senjata dengan imbalan pembebasan sandera Israel.