Logo Bloomberg Technoz

Sengkarut Boeing Mulai Bikin Bisnis Maskapai Besar Berantakan

News
13 March 2024 11:00

Pengunjung memotret pesawat Boeing 737-10 Max di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Benjamin Girette/Bloomberg)
Pengunjung memotret pesawat Boeing 737-10 Max di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Benjamin Girette/Bloomberg)

Mary Schlangenstein dan Ryan Beene - Bloomberg News

Bloomberg, Krisis kepercayaan terhadap Boeing Co menyebar ke maskapai penerbangan yang membeli pesawat jet dari pabrikan Amerika itu.

Maskapai penerbangan besar mulai dari United Airlines Holdings Inc hingga Southwest Airlines Co, Delta Air Lines Inc, dan Alaska Air Group Inc berkumpul di sebuah konferensi industri pada Selasa (12/3/2024) waktu setempat, dan sebagian besar dari mereka berbagi cerita serupa tentang bagaimana masalah Boeing memengaruhi bisnis mereka.

Masalah yang paling penting, para maskapai penerbangan itu kekurangan pesawat yang sebelumnya mereka rencanakan untuk diterima pada 2024 gegara Boeing memperlambat produksinya. Masalah itu pun berisiko terjadi tidak hanya pada tahun ini saja.

Boeing Max 9. (Sumber: Bloomberg)

Pada acara investor JPMorgan, Chief Executive Officer United Scott Kirby mengatakan bahwa dia bahkan telah meminta Boeing untuk berhenti memproduksi jet 737 Max 10 untuk maskapai tersebut karena batas waktu untuk sertifikasi varian terbesar jet lorong tunggal telah menjadi sangat sulit dan tidak pasti.