Logo Bloomberg Technoz

Boeing Dituding Kurang Kooperatif dalam Penyelidikan AS

News
07 March 2024 09:10

Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max (dok. Bloomberg)
Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max (dok. Bloomberg)

Alan Levin dan Julie Johnsson - Bloomberg News

Bloomberg, Penyelidik kecelakaan AS menuduh para pejabat Boeing Co tidak bekerja sama dalam penyelidikan tentang bagaimana sebuah panel terbang dari pesawat 737 Max 9 pada Januari dalam sebuah teguran yang sangat tidak biasa.

Boeing membalas beberapa jam kemudian pada Rabu, dengan mengatakan bahwa mereka telah memberikan nama-nama karyawan yang mungkin telah melakukan pekerjaan penting pada jet tersebut kepada Dewan Keselamatan Transportasi Nasional. Pembuat pesawat itu juga menekankan bahwa mereka melakukan semua yang mereka bisa untuk membantu penyelidikan.

Namun, pada akhirnya, kedua belah pihak memberi sinyal detail baru yang menakjubkan tentang apa yang menyebabkan kegagalan pada 5 Januari: Kemungkinan bahwa tidak ada dokumen yang ada di Boeing untuk menjelaskan bagaimana pesawat meninggalkan pabriknya dengan baut yang hilang yang seharusnya dapat mencegah kecelakaan sejak awal.

"Sehubungan dengan dokumentasi, jika pencabutan sumbat pintu tidak terdokumentasi, maka tidak akan ada dokumentasi yang bisa dibagikan," kata Boeing dalam sebuah pernyataan.