Logo Bloomberg Technoz

Investor Ini Khawatirkan 'Risiko Penularan' First Republic Bank

News
17 March 2023 14:39

Bill Ackman, CEO Pershing Square (Sumber: Bloomberg)
Bill Ackman, CEO Pershing Square (Sumber: Bloomberg)

Natalie Choy - Bloomberg News 

Bloomberg, Bill Ackman, CEO Pershing Square, memposting cuitan Twitter bahwa menyebarkan ketakutan soal risiko penularan demi menciptakan kepercayaan palsu terhadap First Republic Bank Amerika Serikat (AS) adalah sebuah kebijakan yang buruk.

Investor aktivis (activist investor) itu mengatakan langkah bank-bank besar AS untuk menyetor US$ 30 miliar (Rp 4.660 triliun) dengan First Republic justru meninggalkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Rencana tersebut dibuat dengan regulator AS bersama dengan JPMorgan Chase & Co., Bank of America Corp., Citigroup Inc., Wells Fargo & Co., Goldman Sachs Group Inc. dan Morgan Stanley.

“Saya sudah katakan sebelumnya bahwa waktu itu penting. Kita telah membuang banyak waktu. Langkah setengah-setengah seperti itu tidak akan berhasil saat ada krisis kepercayaan,” tambahnya.

@SecYellen tampaknya telah mendorong SIB untuk mendaur ulang sebagian deposit yang mereka terima dari @firstrepublic kembali ke FRB selama 120 hari. Akibatnya risiko gagal bayar FRB kini menyebar ke bank-bank terbesar kita. Menyebarkan risiko penularan keuangan untuk mencapai tujuan palsu…

— Bill Ackman

Ackman menegaskan kembali bahwa dirinya tidak memiliki investasi panjang atau pendek di sektor perbankan. “Saya sangat prihatin tentang risiko penularan keuangan yang lepas kendali dan telah menyebabkan kerusakan dan kesulitan ekonomi yang parah,” katanya.