Logo Bloomberg Technoz

First Republic Bank Tengah Menimbang Opsi, Termasuk Penjualan

News
16 March 2023 07:37

First Republic Bank (Sumber: Bloomberg)
First Republic Bank (Sumber: Bloomberg)

Gillian Tan dan Matthew Monks - Bloomberg News

Bloomberg, First Republic Bank, bank San Francisco yang peringkatnya dipangkas oleh S&P Global Ratings dan Fitch Ratings pada Rabu lalu (15/03/2023) disebut tengah menjajaki opsi strategis termasuk penjualan, menurut beberapa sumber yang mengetahui perihal itu.

Bank yang juga mempertimbangkan opsi untuk menopang likuiditas ini diperkirakan akan menarik minat dari saingannya yang lebih besar, kata beberapa sumber. Belum ada keputusan yang diambil dan bank tersebut masih bisa memilih untuk tetap independen, kata mereka. Juru bicara First Republic Bank menolak berkomentar soal ini.

First Republic mengatakan pada hari Minggu bahwa memiliki lebih dari US$ 70 miliar likuiditas yang tidak digunakan untuk mendanai operasi dari perjanjian yang mencakup bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve dan JPMorgan Chase & Co. Namun, sahamnya turun 21% pada Rabu di New York ke level terendah selama satu dekade di US$ 31,16, dengan nilai pasar US$ 5,8 miliar.

"Kapasitas pinjaman tambahan dari Federal Reserve, akses ke pendanaan melalui Federal Home Loan Bank, dan kemampuan untuk mengakses pembiayaan tambahan melalui JPMorgan Chase & Co. ini meningkatkan, mendiversifikasi, dan semakin memperkuat profil likuiditas First Republic yang ada," kata bank tersebut dalam pernyataan mereka pada Minggu.