Logo Bloomberg Technoz

Hotman Paris Soal PPN 12%: Pelajaran Bagi yang Tidak Sadar

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 March 2024 21:19

Hotman Paris Hutapea dan Haryadi Sukamdani bertemu dengan Menko Marves Luhut Panjaitan. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna Ramadani Purnama)
Hotman Paris Hutapea dan Haryadi Sukamdani bertemu dengan Menko Marves Luhut Panjaitan. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna Ramadani Purnama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengacara sekaligus pengusaha Hotman Paris Hutapea mengomentari kenaikan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12% yang berlaku pada awal tahun 2025.

Dalam unggahan akun Instagram resminya, Hotman Paris mengatakan kenaikan tarif PPN membuat harga produk dan jasa naik. Menurutnya, masyarakat adalah pihak yang pada akhirnya terdampak dari keputusan itu.

“Pajak naik lagi! Hai kau kau : jangan bilang rasain Hotman! Sebab pajak naik maka harga produk dan jasa naik dan akhirnya rakyat yang bayar! Pelajaran bagi yang tidak sadar," tulis Hotman dalam unggahannya, dikutip Senin (11/3/2024).

Adapun, unggahan tersebut berisi potongan video Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto saat berbicara mengenai kepastian kenaikan tarif PPN jadi 12% pada tahun depan.

Seperti diketahui, keputusan kenaikan tarif PPN menjadi 12% pada tahun 2025 ditegaskan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Ia menyampaikan, kenaikan tarif PPN dipastikan dilakukan pada tahun depan.