Logo Bloomberg Technoz

China Mulai Uji Chatbot AI untuk Ahli Bedah Otak di Rumah Sakit

News
11 March 2024 20:00

Ilustrasi operasi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi operasi. (Dok: Bloomberg)

Jane Zhang - Bloomberg News

Bloomberg, China sedang menguji coba asisten AI untuk ahli bedah saraf di tujuh rumah sakit di Beijing dan kota-kota lain dalam beberapa bulan mendatang. Ini salah satu dari sekian banyak inisiatif yang didukung oleh pemerintah untuk mencoba memanfaatkan teknologi.

Sebuah lembaga yang berbasis di Hong Kong di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China--lembaga ilmiah terkemuka yang didukung negara--pada Senin memperkenalkan model AI yang didasarkan pada Llama 2.0 dari Meta Platforms Inc. Para peneliti melatih dan menyempurnakan model tersebut dengan makalah, jurnal medis, dan manual untuk bertindak sebagai konsultan operasi bagi para dokter, kata Liu Hongbin, direktur eksekutif pusat tersebut.

Badan-badan negara bergabung dengan perusahaan-perusahaan swasta China dalam mengembangkan AI buatan sendiri dalam bentuk ChatGPT milik OpenAI. Model TaiChu milik Akademi Ilmu Pengetahuan China adalah salah satu dari sekumpulan layanan pertama yang mendapatkan persetujuan untuk diluncurkan ke publik pada Agustus. Teknologi ini dianggap memiliki potensi untuk merevolusi berbagai bidang, mulai dari diagnostik hingga konsultasi pribadi.

Pusat Kecerdasan Buatan dan Robotika yang berbasis di Hong Kong menggunakan sekitar 100 unit prosesor grafis untuk melatih model yang berfokus pada perawatan kesehatan, dibagi secara merata antara cip kelas atas A100 dari Nvidia Corp dan Ascend 910B dari Huawei Technologies Co.