Logo Bloomberg Technoz

Jepang Tak Jadi Resesi, PDB Kuartal IV 2023 Tumbuh 0,4%

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 March 2024 20:30

Ilustrasi Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Jepang merevisi data pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2023, data tersebut menunjukan adanya peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) Jepang yang tumbuh 0,4%. Berdasarkan data itu, Jepang dikatakan berhasil menghindari resesi teknis.

Dilansir dari Reuters (11/3/2024), Pemerintah Jepang telah merevisi data pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2023, perubahan kenaikan pertumbuhan ekonomi kuartal tersebut masih lebih lemah dibanding perkiraan. Meskipun begitu, angka tersebut masih membuat adanya kekhawatiran soal proses pemulihan ekonomi yang lambat.

PDB Jepang yang direvisi tumbuh secara tahunan (yoy) sebesar 0,4% pada periode Oktober-Desember 2023, jika dibandingkan kuartal sebelumnya. Angka ini lebih baik daripada proyeksi awal yang mengalami kontraksi 0,4%.

Sedangkan kuartal-ke-kuartal (qtq), PDB Jepang tumbuh 0,1%, dibandingkan dengan pembacaan awal yang turun 0,1% dan perkiraan median untuk kenaikan 0,3%.

Meskipun demikian, pertumbuhan PDB sebesar 0,4% tersebut masih di bawah perkiraan median ekonom yang memproyeksi pertumbuhan sebesar 1,1%.