Logo Bloomberg Technoz

Terjadi Peretasan di Aplikasi C-Access Milik KAI Commuter

Redaksi
07 March 2024 09:43

Ruang kendali KAI Commuter. (Dok: Perusahaan)
Ruang kendali KAI Commuter. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia memastikan insiden peretasan aplikasi KAI melalui Kartu Access di Depok tidak berdampak pada keamanan sistem.

Dalam keterangannya, Anne Purba selaku sekretaris perusahaan KAI Commuter menjelaskan bahwa keamanan saldo pengguna pada Kartu Multi Trip (KMT) di aplikasi C-Access terjamin.

“Masyarakat tidak perlu khawatir untuk melanjutkan penggunaan aplikasi ini dalam menggunakan Commuter Line, karena KAI Commuter memiliki manajemen keamanan informasi yang baik,” jelas dia dengan menyebut bahwa perusahaan telah menerapkan standarisasi dalam sistem keamanan informasi ISO 27001:2013.

Meski begitu perusahaan mengakui bahwa telah terjadi peretasan dengan skema pengisian ulang saldo KMT di aplikasi C-Access. Selanjutnya bersama para penegak hukum KAI Commuter tengah melakukan pengusutan kejadian.

Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)

Ke depan KAI Commuter berjanji akan terus meningkatkan keamanan siber dalam rangka implementasi sistem informasi berbasis teknologi agar pelayanan kepada pengguna tetap berjalan lancar.