Logo Bloomberg Technoz

China-Jepang-Prancis Bikin Studi Proyek Transmisi Sumatra-Jawa 

Dovana Hasiana
06 March 2024 21:05

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (Dok. PLN)
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (Dok. PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT PLN (Persero) mengatakan sejumlah perusahaan listrik asal China, Jepang dan Prancis tengah menyusun dokumen penawaran atau bidding document untuk proyek transmisi Sumatra-Jawa. 

Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi mengatakan sejumlah perusahaan yang saat ini menyusun bidding document dan berunding dengan PLN adalah State Grid Corporation of China (SGCC), Hitachi ABB Power Grids, Kansai Electric Power Co. Inc., dan Électricité de France S.A.,. 

“[Bidding document] kita harapkan dalam waktu cepat bisa selesai kalau bisa di tahun ini. Harus tahun ini kita selesaikan karena harus kita kejar 2029-2030 harus [transmisi dari Sumatera],” ujar Evy saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2024). 

Menurut Evy, tahapan bidding document harus diselesaikan dalam waktu cepat. Sehingga PLN bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya yakni membuka tender transmisi Sumatra-Jawa. 

Energi terbarukan (renewable energy) di Jawa diproyeksikan akan habis pada 2029-2030. Sehingga energi terbarukan di Sumatra harus dipindahkan ke Jawa menggunakan transmisi tersebut, apalagi saat ini pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) baru sudah dilarang.