Logo Bloomberg Technoz

Mengingat konflik tersebut, Israel diperkirakan akan menjual obligasi dalam jumlah yang hampir memecahkan rekor pada tahun ini – lebih dari US$10 miliar – dalam bentuk gabungan sekuritas lokal dan global, Bloomberg melaporkan.

Dalam penawaran ini, surat utang dengan jatuh tempo terpendek diluncurkan dengan imbal hasil sekitar 135 basis poin terhadap obligasi AS, menurut orang-orang yang mengetahui rinciannya. Bandingkan dengan pedoman sebelumnya yang sebesar 160 basis poin. Sebelumnya pada hari ini, pesanan lebih menyukai kurva yang lebih panjang, menurut orang lain yang mengetahui masalah ini.

Bank of America Merrill Lynch, BNP Paribas SA, Deutsche Bank AG dan Goldman Sachs Group Inc. sedang mengatur kesepakatan Israel.

Perang telah mengguncang perekonomian Israel, meskipun banyak guncangan yang terjadi pada beberapa minggu pertama telah mereda.

Lebih dari 30.000 orang tewas di Gaza akibat serangan Israel melalui udara dan darat, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas. Fokus internasional telah beralih ke pembicaraan tentang potensi gencatan senjata dalam perang tersebut, meskipun kesepakatannya masih belum pasti.

Di Israel, syikal telah menguat tajam dalam tiga bulan terakhir dan jauh lebih kuat dibandingkan ketika konflik dimulai pada 7 Oktober. Sementara itu, rata-rata imbal hasil dolar pemerintah telah turun menjadi sekitar 5,7% dari puncaknya di 6,5%, hal ini menunjukkan investor lebih yakin terhadap ketahanan perekonomian.

Namun kekhawatiran masih tetap ada di bagian lain pasar: credit-default swap (pertukaran gagal bayar) Israel – atau biaya perlindungan terhadap gagal bayar – tetap tinggi.

Moody’s Investors Service menurunkan peringkat pemerintah sebesar satu tingkat menjadi A2 pada bulan Februari, yang merupakan penurunan peringkat pertama negara tersebut. Meski begitu, Israel tetap berada dalam wilayah layak investasi dan setara dengan Islandia dan Chile.

(bbn)

No more pages