Logo Bloomberg Technoz

Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi bertujuan untuk melindungi pengguna dari volatilitas tersebut dengan meningkatkan produksi batu bara.

“Melihat upaya pemerintah untuk menangani permintaan listrik musim panas, kami bergerak secara terorganisir untuk mengatasi kekurangan atau lonjakan harga,” kata Kusumakar Mishra, wakil manajer umum untuk bahan mentah di Shyam Steel Manufacturing Ltd yang berbasis di Kolkata .

Produsen tulangan baja, yang digunakan dalam konstruksi, baru-baru ini membeli kargo batu bara termal Australia yang akan bertahan hingga Juni, kata Mishra. Dia berencana untuk membeli pengapalan lagi pada akhir April untuk membangun persediaan batu bara hingga September.

Produksi batu bara India melonjak 15% dalam 11 bulan pertama tahun fiskal yang berakhir pada April. Penambang miik negara, Coal India Ltd., yang menyumbang hampir 80% dari produksi, mengatakan pekan ini akan meningkatkan pasokan ke pembangkit listrik untuk memenuhi permintaan yang meningkat

“Situasi batu bara tampaknya jauh lebih baik tahun ini. Pasokan domestik telah naik dan harga batu bara impor turun secara signifikan,” kata Rahul Jain, seorang analis di broker Systematix Shares & Stocks India Ltd yang berbasis di Mumbai. “Perusahaan masih akan mencari untuk membangun persediaan untuk menghindari gangguan.”

Raksasa aluminium Hindalco Industries Ltd. adalah salah satu perusahaan yang membangun stok. Sementara pemerintah jauh lebih siap, “wajar untuk mengatakan bahwa pada Mei, Juni dan Juli, saya tetap sedikit gugup,” Direktur Pelaksana Satish Pai mengatakan kepada analis bulan lalu.

Produsen kertas JK Paper Ltd., yang berbasis di New Delhi, mengandalkan energi bersih untuk mengurangi beban, meskipun masih berencana untuk meningkatkan persediaan batu bara sebanyak 35 hari pemakaian pada Mei, dari sekitar 18 hari sekarang, menurut Presiden A.S. Mehta.

“Jika permintaan batu bara terlalu tinggi dan tenaga air tidak berfungsi, kita mungkin menghadapi situasi yang sulit,” katanya.

(bbn)

No more pages