Logo Bloomberg Technoz

Koalisi 01 dan 03 Tak Solid Soal Hak Angket DPR, Nasdem dan PPP?

Mis Fransiska Dewi
05 March 2024 18:10

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koalisi Pasangan Calon nomor urut 01 dan 03 nampak belum satu suara soal hak angket pada Sidang Paripurna DPR. Rapat pembuka masa sidang ke-4 tahun 2023-2024 tersebut hanya menampilkan para kader PDIP, PKB, dan PKS yang sudah memastikan diri menjadi pengusul hak angket.

Koalisi paslon 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar masih menyisakan fraksi Partai Nasdem. Sedangkan koalisi paslon 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD masih menyisakan fraksi PPP yang belum memberikan kepastian sikap.

"Kita rapat fraksi dulu," kata Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi di kawasan DPR, Selasa (5/3/2024). "Kita belum rapat. Kemungkinan nanti siang atau besok. Karena saya monitor anggota fraksi masih banyak di dapil. Banyak yang izin hari ini." 

Menurut dia, PPP belum bisa memastikan sikap fraksinya soal rencana hak angket. Dia mengklaim, harus mendengarkan semua pendapat dan pertimbangan dari 19 kader partai berlambang kabah tersebut yang menjadi anggota DPR.

"Namanya keputusan harus dibikin bersama, tidak bisa sendirian," ujar Baidowi. 

Anggota DPR Fraksi PPP Achmad Baidowi dan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan (DPR)