Logo Bloomberg Technoz

Pembukaan ini adalah yang terbesar sejak tur Taylor Swift: The Eras Tour yang menghasilkan US$93.2 juta pada Oktober lalu. Ini juga pembukaan terbesar tahun ini setelah awal yang lambat untuk box office, dengan penjualan tiket Amerika Utara turun 18% hingga 25 Februari. Dune: Part Two terbantu oleh pujian dari para kritikus, dengan 94% merekomendasikan film ini, menurut Rotten Tomatoes, situs web yang mengumpulkan ulasan. Belum ada film yang dirilis tahun ini yang melampaui US$50 juta dalam debut domestiknya.

“Ulasan awal yang kuat, kampanye pemasaran agresif melawan persaingan yang lemah, dan harapan akan format layar lebar premium (seperti Imax) yang mengangkat harga tiket rata-rata adalah poin positif,” kata Bloomberg Intelligence dalam sebuah catatan penelitian. “Di sisi lain, durasi film selama dua jam 46 menit berarti pemutaran yang lebih sedikit.”

Hampir separuh dari penjualan tiket adalah untuk format yang lebih besar seperti Imax dan Dolby. “Semua data yang kami lihat menunjukkan bahwa film ini akan memiliki waktu penayangan yang panjang dan sukses di Imax,” kata CEO Imax Rich Gelfond melalui email.

Dune yang baru ini adalah film kedua dalam trilogi yang disutradarai oleh Denis Villeneuve. Film ini menampilkan Timothée Chalamet yang kembali sebagai pemeran utama Paul Atreides, seorang bangsawan di planet gurun, dan Zendaya sebagai Chani, pasangannya. Keduanya mencari balas dendam terhadap mereka yang menghancurkan keluarganya.

Pengembangan film ketiga akan tergantung pada berbagai faktor, termasuk “apakah Dune: Part Two berhasil dan apakah secara kreatif kami merasa ini adalah cerita yang harus kami sampaikan,” kata CEO Legendary Entertainment Josh Grode melalui telepon. “Semua orang bekerja keras untuk mewujudkannya.”

Film pertama ditayangkan perdana pada 2021 di bioskop dan platform streaming HBO Max secara bersamaan, saat Hollywood masih bergulat dengan pandemi Covid-19.

(bbn)

No more pages