Logo Bloomberg Technoz

Harga BBM Ditahan, Erick Akui Bantalan bagi Pertamina Belum Siap

Sultan Ibnu Affan
04 March 2024 16:00

Petugas SPBU Pertamina mengisi BBM ke sepeda motor./Bloomberg-Dimas Ardian
Petugas SPBU Pertamina mengisi BBM ke sepeda motor./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan hingga kini pemerintah masih belum menyiapkan anggaran bantalan bagi PT Pertamina (Persero) untuk menjalankan tugas menahan harga bahan bakar minyak (BBM) sampai dengan Juni.

Pertamina telah ditugasi oleh pemerintah untuk tidak menaikkan harga BBM, tidak hanya jenis subsidi seperti Solar dan Pertalite, tetapi juga lini nonsubsidi yang dalam kondisi normal semestinya mengikuti pergerakan harga minyak dunia.

“Jadi sementara belum ada keputusan mengenai [anggaran untuk tidak menaikkan harga] BBM itu. Jadi, BBM kita jaga hari ini untuk memastikan ekonomi rakyat tetap tumbuh, beban di rakyat hari ini kita harus jaga. Jadi kebijakannya seperti itu,” ujarnya saat ditemui, Senin (4/3/2024).

Dia pun tidak menampik harga minyak dunia saat ini memang terus bergerak tidak menentu. Akan  tetapi, pemerintah lebih “prihatin” dengan kondisi daya beli rakyat, di tengah harga pangan – termasuk beras – yang masih relatif tinggi. 

“Saya dapat laporan dari Bulog, sekarang kan harga beras di pasar-pasar grosir sudah mulai stabil, tetapi yang pasar lainnya kan ini lagi dikerjain sama Bulog dan Bapanas [Badan Pangan Nasional.”

Infografis Update Harga BBM (Bloomberg Technoz)