Logo Bloomberg Technoz

Daftar Terbaru Harga BBM Pertamina dan SPBU Lainnya, 4 Maret 2024

Redaksi
04 March 2024 09:20

Ilustrasi SPBU./Bloomberg-Kiyoshi Ota
Ilustrasi SPBU./Bloomberg-Kiyoshi Ota

Bloomberg Technoz, Jakarta – Sesuai janji pemerintah, harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina –baik lini subsidi maupun nonsubsidi – tidak dinaikkan pada Maret 2024, menyusul keputusan serupa yang ditempuh bulan lalu. 

Terkait dengan keputusan menahan harga BBM Pertamina, yang direncanakan hingga Juni tahun ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebelumnya mengeklaim tidak mencampuri keputusan perusahaan pelat merah sektor migas tersebut.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan keputusan itu sedianya memang telah menjadi wewenang badan usaha, yang telah memperhitungkan nilai keekonomian berdasarkan fluktuasi harga minyak global, serta pertimbangan lainnya.

"Jelas ada aturannya disitu, sepanjang dia masih dalam koridornya, dan itu wilayahnya kan ada di badan usaha. Kita tidak ada intervensi apa-apa," ujar Dadan, jelang akhir pekan lalu.

Di sisi lain, Pertamina sendiri memberi isyarat bahwa perusahaan memang menghadapi risiko merugi akibat permintaan pemerintah untuk menahan harga BBM hingga pertengahan tahun ini. 

Truk mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian