Logo Bloomberg Technoz

ESDM Soal Pertamina Tahan Harga BBM: Kami Tak Intervensi

Sultan Ibnu Affan
01 March 2024 17:00

Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merespons soal keputusan PT Pertamina (Persero) yang kembali menahan harga baham bakar minyak (BBM) jenis nonsubsidinya pada Februari dan Maret tahun ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan keputusan itu sedianya memang telah menjadi wewenang badan usaha, yang telah memperhitungkan nilai keekonomian berdasarkan flukstuasi harga minyak global dan pertimbangan lainnya.

"Jelas ada aturannya disitu, sepanjang dia masih dalam koridornya, dan itu wilayahnya kan ada di badan usaha. Kita tidak ada intervensi apa-apa," ujar Dadan saat ditemui, Jumat (1/3/2024).

Dadan menambahkan fluktuasi pergerakan harga minyak global saat ini pun sudah terlihat jelas, yang menunjukkan pergerakan relatif stabil.

"Saya kan tiap hari punya angkanya untuk Brent. Brent ini pernah ke angka US$78/barel, pernah juga ke US$83/barel, dan kalau sekarang misalkan naik, juga bukan kenaikannya hari ini, tetapi [mungkin] pada hari berikutnya."

Petugas SPBU Pertamina mengisi BBM ke sepeda motor./Bloomberg-Dimas Ardian