Logo Bloomberg Technoz

Asing Jual Saham & SBN Rp2 T, Kinerja Rupiah Buruk Pekan Lalu

Tim Riset Bloomberg Technoz
04 March 2024 07:00

Siswa beridiri di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Siswa beridiri di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Arus keluar modal asing masih berlanjut dari pasar keuangan domestik, menyeret rupiah dan indeks saham juga kinerja harga surat utang negara. 

Investor asing pekan lalu mencetak posisi jual bersih di pasar saham dan surat berharga negara (SBN) masing-masing senilai Rp820 miliar dan Rp2,64 triliun, berdasarkan data transaksi 26-29 Februari menurut laporan Bank Indonesia.

Sementara pada periode yang sama, pemodal asing masih mencetak Rp1,46 triliun di Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI). Alhasil, selama rentang waktu tersebut, pemodal asing masih mencetak posisi jual bersih senilai total Rp2 triliun di pasar keuangan domestik.

Apabila menghitung sepanjang 2024 sampai data setelmen akhir Februari, pemodal asing masih mencatat posisi jual (net sell) di SBN senilai Rp4,93 triliun. Sementara di pasar saham dan SRBI, asing masih mencetak posisi net buy masing-masing Rp20 triliun dan Rp25,51 triliun. 

Pergerakan investor asing yang masih banyak melepas SBN tidak bisa dilepaskan dari pengaruh sentimen pasar global di mana prospek penurunan bunga Amerika Serikat (AS) sepertinya tersendat data-data yang memperlihatkan laju inflasi di negeri itu masih belum menjanjikan penurunan yang meyakinkan.