Logo Bloomberg Technoz

Secara teknikal, Panji menganalisis, Bitcoin telah melesat lebih dari tiga hari perdagangan hingga berhasil mencapai harga US$64.000 pada perdagangan intraday. Saat ini, jika Bitcoin mampu bertahan di atas support psikologis US$60.000 maka terdapat potensi untuk lanjut reli.

Namun jika berbalik arah dan turun ke bawah US$60.000 maka Bitcoin ada support di kisaran US$57.000.

Mencermati lebih jauh dengan analisis teknikal, apabila Bitcoin berhasil break level resistance pertama US$64.000 dan kedua di US$65.000 tersebut, Bitcoin berpeluang break level atau pecah rekor All Time High di US$69.045 dan menuju US$70.000 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Bitcoin.

Adapun Ethereum ETH juga mengalami hal yang serupa dengan kenaikan mencapai 46% sepanjang Februari, mendekati harga potensialnya di US$3.500 setelah menembus level US$3,000 pada minggu lalu untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun.

Dengan demikian, Ethereum ETH berjarak 30,8% dari harga tertinggi sepanjang masa nya di kisaran harga $4.878.

“Ethereum dan sebagian Altcoin lainnya juga mengikuti jejak Bitcoin. Pergerakan cepat Ethereum terjadi sekitar dua minggu sebelum peningkatan yang disebut ‘Dencun’, yang diharapkan membuat blockchain lebih murah dan lebih cepat. Serta juga akan berdampak positif ke sektor layer-2 seperti, Optimism (OP), Arbitrum (ARB), Polygon (MATIC),” terang Panji.

Selain peningkatan 'Dencun', sejak ETF Bitcoin Spot disetujui pada Januari dan harga Bitcoin naik setelahnya, banyak yang berspekulasi bahwa ETF Ethereum Spot akan menjadi yang berikutnya disetujui. Saat ini ETF Ethereum Spot masih dalam peninjauan dari SEC dan keputusan terdekat berada di sekitar bulan Mei 2024.

Disisi lain, Memecoin juga mendapatkan angin segar berkat naiknya Bitcoin. Dalam periode tujuh hari perdagangan, hampir semua Memecoin di Ajaib Kripto mengalami kenaikan seperti halnya, Pepe (PEPE) melesat 175%, Floki (FLOKI) meroket 71,91%, Bonk (BONK) melonjak 68,56% dan Dogecoin yang saat ini masih menjadi memecoin dengan kapitalisasi pasar terbesar juga ikut menguat 32,34%.

“Keseluruhan pasar aset kripto telah terdampak positif berkat kenaikan harga Bitcoin. Namun, meski demikian investor dan trader diharapkan dengan cermat mengikuti perkembangan pasar dan waspada jika terjadinya pembalikan tren yang secara tiba tiba,” tutup Panji.

Adapun, melakukan diversifikasi ke Altcoin juga dapat dimanfaatkan dengan mempertimbangkan narasi aset kripto dan tren teknologi blockchain yang akan terjadi kedepan.

(fad/roy)

No more pages