Logo Bloomberg Technoz

Bos LPS Sebut Ekonomi RI Berpotensi Tumbuh di Atas 5% Tahun Ini

Redaksi
29 February 2024 12:10

Ilustrasi Ekonomi Indonesia (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Ekonomi Indonesia (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan ekonomi Indonesia berpotensi tumbuh lebih dari 5%, tahun ini. Alasannya, kondisi ekonomi Amerika Serikat (AS) dan perekonomian global tidak terlalu buruk, ditambah ketersediaan likuiditas dan sumber dana yang memadai dalam membiayai pertumbuhan ekonomi.

Purbaya menjelaskan kebangkrutan Bank SVB di AS telah menyadarkan bank sentral Federal Reserve (The Fed) bahwa mereka telah menerapkan kebijakan moneter terlalu ketat. Pasca kejadian pada Maret 2023 itu, The Fed berbenah dari sisi aturan dan kembali menyuntikkan dana dalam sistem perbankan untuk memperbaiki kondisi.

Kebijakan ini telah berdampak pada pertumbuhan ekonomi AS saat ini yang bertahan di kisaran 2-3% dan hal tersebut sesuai dengan potensi ekonomi AS. Faktor lainnya, soal angka pengangguran yang terjaga.

“Agar angka pengangguran tidak memicu inflasi, AS perlu menjaga unemployment rate di bawah 4,7% dan sekarang kondisinya memang di bawah itu,” terang Purbaya dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (29/3/2024).

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2003-2023 (Asfahan/Bloomberg Technoz)

“Kondisi ekonomi global juga tidak buruk-buruk amat. Asalkan tidak ada perang besar, apalagi perang nuklir, selesai itu semua.”