Logo Bloomberg Technoz

Gaikindo Soal Insentif HEV: Mobil Hybrid Rp300 Jutaan Bakal Laris

Dovana Hasiana
27 February 2024 10:00

Honda All New CR-V Hybrid dipamerkan dalam ajang GIIAS di ICE BSD City, Kamis (10/8/2023). (Bloomberg Tehcnoz/ Andrean Kristianto)
Honda All New CR-V Hybrid dipamerkan dalam ajang GIIAS di ICE BSD City, Kamis (10/8/2023). (Bloomberg Tehcnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai insentif untuk pembelian hybrid electric vehicle atau HEV mampu mendongkrak penjualan kendaraan roda empat.

Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto, tidak bisa memberikan proyeksi peningkatan penjualan bila insentif tersebut diterapkan oleh pemerintah, tetapi memastikan bahwa insentif tersebut akan bermanfaat bagi segmen HEV yang berada di harga sekitar Rp300 juta.

“Pada segmen mobil dengan harga kisaran Rp300 juta, insentif menjadi daya tarik untuk konsumen dan pangsa pasarnya besar,” ujar Jongkie saat dihubungi Bloomberg Technoz, Selasa (27/2/2024).

Apalagi, HEV dinilai memiliki keunggulan lain dibandingkan dengan mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV). Penyebabnya, HEV lebih terjangkau ketimbang BEV dan tidak memerlukan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau charging station.

Kendaraan hybrid plug-in BMW AG X5 (Tomohiro Ohsumi/Bloomberg)

Mobil Hybrid Premium