Logo Bloomberg Technoz

Dengan angka terbaru ini, investor sedang menghitung rasio harga-ke-pendapatan (price-to-earnings ratio) Nvidia yang baru, atau seberapa banyak yang dibayar oleh investor untuk mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan. Dengan kata lain, laba perusahaan telah tumbuh lebih cepat dari sahamnya.

"Nvidia mencapai posisinya saat ini karena pendapatan dan laba yang sangat kuat," kata James Demmert, kepala investasi di Main Street Research. "Ketika sebuah perusahaan mencatatkan pertumbuhan pendapatan tahun-ke-tahun sebesar 265% - seperti yang dilakukan Nvidia - maka perusahaan tersebut layak mendapatkan penilaian premium."

Walaupun sebagian besar bursa Asia kemungkinan akan mengakhiri pekan ini dengan mengikuti jejak Wall Street yang mengalami kenaikan, kekhawatiran di China tentang perlambatan ekonomi yang mulai terlihat mengakar masih membayangi. 

Tidak ada tanda-tanda perbaikan di pasar perumahan yang sedang mengalami kesulitan. Data yang diterbitkan pada Kamis (22/2) menunjukkan jumlah properti yang diambil alih untuk dijual di China meningkat lebih cepat pada Januari.

Indeks MSCI ACWI dari saham negara maju dan berkembang naik ke level tertinggi sepanjang masa pada Kamis. Sementara Nasdaq 100 naik 3% dan S&P 500 mengalami kenaikan terbesar sejak Januari 2023. 

ETF VanEck Semiconductor (SMH) senilai US$16 miliar melonjak 6,8%. Advanced Micro Devices Inc dan Broadcom Inc - dua produsen chip lain yang diperkirakan akan mendapat keuntungan dari pertumbuhan AI - reli ke rekor tertinggi. Super Micro Computer Inc, yang menjadi favorit investor yang menginginkan eksposur ke teknologi revolusioner, melonjak 33%.

Bursa saham juga didukung oleh data manufaktur, perumahan, dan pasar tenaga kerja yang solid, dengan para trader menanggapi komentar hawkish dari pejabat bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed). Imbal hasil Treasury 10 tahun sedikit berubah di angka 4,32%.

10 perusahaan dengan kapitalisasi pasar satu hari terbesa. (Sumber: Bloomberg)

"Hanya sedikit hal yang lebih pasti daripada kematian, pajak, dan Nvidia yang mengalahkan perkiraan pendapatan," kata Ryan Detrick di Carson Group. "Standar yang ditetapkan cukup tinggi, dan secara luar biasa mereka sekali lagi melangkah maju dan mencetak home run."

Kapitalisasi pasar Nvidia kini telah meningkat lebih dari US$700 miliar tahun ini, dengan nilainya sekarang mencapai US$1,9 triliun. Para investor bertaruh bahwa perusahaan tersebut akan tetap menjadi penerima keuntungan utama dari kehebohan komputasi AI.

Perusahaan seperti Amazon.com Inc, Meta Platforms, Microsoft Corp, dan Google milik Alphabet Inc adalah pelanggan terbesar Nvidia. Mereka menyumbang hampir 40% dari pendapatannya. Perusahaan-perusahaan tersebut bergegas untuk berinvestasi dalam hardware untuk komputasi AI.

"Permintaan AI melonjak di seluruh dunia di berbagai perusahaan, industri, dan negara," kata Tom Hulick di Strategy Asset Managers. "Kami punya NVDA dan terus memegang saham perusahaan. Ini adalah momentum yang menarik yang telah kami promosikan dan ikuti selama beberapa tahun."

Demmert di Main Street Research mengatakan untuk investor yang sudah memiliki saham Nvidia, rekomendasinya adalah untuk menahan saham dan menghindari penjualan guna menangkap pertumbuhan yang diharapkan di masa depan. "Karena kita masih berada di awal teknologi AI yang transformatif ini."

"Untuk investor yang tidak memiliki saham, kami akan membeli jika ada penurunan," katanya. "Dengan saham Nvidia, akan ada koreksi dan rintangan di sepanjang jalan, tetapi saham akan terus mendaki."

Reli di sektor teknologi telah mendorong valuasi Nasdaq 100 ke tingkat yang tinggi, dengan gambaran serupa untuk S&P 500. 

(bbn)

No more pages