Logo Bloomberg Technoz

68% Pasutri Jepang 'Ogah' Berhubungan Intim, Picu Krisis Populasi

Delia Arnindita Larasati
21 February 2024 13:20

Ilustrasi warga Jepang. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi warga Jepang. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam sebuah survei terbaru terhadap warga Jepang yang sudah menikah, 68% pasangan suami-istri (pasutri) mengaku jarang atau bahkan tidak melakukan hubungan intim sama sekali.

Survei tersebut dilakukan oleh Raison d'Etre, sebuah biro desain web dan periklanan internet yang berbasis di Shinjuku, Tokyo. Dikutip dari media Jepang Nippon.com, 32% pasutri mengaku rutin berhubungan intim, sementara 44% tidak melakukan hubungan intim sama sekali atau hanya sedikit, sedangkan 24% sisanya jarang berhubungan intim.

Survei tersebut dilakukan terhadap 4.000 orang yang sudah menikah di usia 20 hingga 50 tahun, dengan 500 perempuan dan laki-laki untuk setiap kelompok usia.

Berdasarkan jenis kelamin dan usia, 51% perempuan yang sudah menikah di usia 20-an sedikit atau bahkan tidak pernah berhubungan intim. Persentase tersebut melonjak menjadi 67,8% di antara perempuan berusia 30-an.

Sementara untuk pria, persentase mereka yang sedikit atau sama sekali tidak melakukan hubungan intim selama menikah mencapai 53,4% dalam kelompok usia 20-an. Sementara pria di usia 30-an, persentase mereka yang sedikit atau tidak pernah berhubungan intim selama menikah melonjak menjadi 71,4%.