Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani: Suku Bunga Tinggi Biang Keladi Jepang Dkk Resesi

Azura Yumna Ramadani Purnama
20 February 2024 13:10

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan tingkat suku bunga yang tinggi dalam waktu singkat merupakan salah satu alasan perekonomian negara maju tertekan hingga mengalami resesi, termasuk Jepang.

Hal itu diungkapkan Bendahara Negara setelah menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024, di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

“Tahun ini kan beberapa lembaga memang menyampaikan, bahwa kinerja dari perekonomian negara-negara maju akan cukup tertekan karena kenaikan suku bunga. Di berbagai negara cukup tinggi dalam waktu yang sangat singkat,” ujar Sri Mulyani setelah menghadiri acara tersebut.

Menurutnya, kondisi tersebut yang mempengaruhi kinerja ekonomi beberapa negara tersebut. Serta, kondisi itu pula yang menyebabkan proyeksi dan outlook ekonomi bagi negara-negara G7 itu akan cendredung melemah.

Kondisi ekonomi beberapa negara G7 yang tertekan tersebut, menurut Sri Mulyani, merupakan suatu tantangan global. Okeh karena itu, ia juga menyampaikan akan memberikan kabar terbaru setelahi menghadiri KTT G20 di Brazil pada akhir bulan ini.