Logo Bloomberg Technoz

Beras Premium Langka, Zulhas Alasan Panen Mundur Efek El Nino

Dovana Hasiana
19 February 2024 15:55

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa gangguan pasok beras premium di gerai-gerai ritel modern terjadi karena harga beras yang melambung tinggi di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Kenaikan harga beras premium, kata Zulhas kerap dia disapa,, berkaitan dengan kemunduran masa panen imbas fenomena iklim El Nino. 

Zulhas mengeklaim pasokan beras modern sebenarnya tersedia, tetapi gerai ritel modern memutuskan untuk tidak menjual karena harga melambung di atas HET. 

“Tidak ambil karena premium harga tinggi. Ada Rp72.000 per 5 kilogram (kg), ada yang Rp80.000 per 5 kg. HET kan Rp69.500 per 5 kg. Maka ritel modern tidak menjual premium,” ujar Zulhas di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024). 

Dengan demikian, pemerintah mengguyur pasokan beras dengan Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP) yang berasal dari Perum Bulog. Hal ini juga menyebabkan gerai-gerai ritel modern seperti Transmart memilih untuk menjual beras SPHP karena harganya sesuai dengan HET yang ditetapkan.